Tugas 1 Critical Jurnal Review | Nurul's Blog


(Tugas Report)
ANALISA MATERI KULIAH ILMU JIWA PENDIDIKAN
Review jurnal Psikologi Pendidikan
Sumber :

Disusun Sebagai Salah Satu Tugas Mandiri Yang Diwajibkan Dalam Mengikuti Perkuliahan PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Oleh :
Nurul Nazmi Damanik
0310181014

PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI 
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
2018/2019


BAB I
PENDAHULUAN

    Profesi pendidikan atau keguruan islam yang lebih terkenal menjadi satu tatanan tersendiri bagi Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara Medan. Dengan dasar tersebut, maka seluruh kegiatan baik akademis, kulikuler maupun pengembangan teknis selalu diarahkan pada penciptaan profesionalisme system perkuliahan. 

     Ilmu Jiwa Pendidikan yang membahas tentang kajian kajian proses pendidikan dengan pendekatan ilmu jiwa merupakan satu perangkat utama bagi ilmu pendidikan. Dalam hal ini bobot materi Ilmu Jiwa Pendidikan selalu disandarkan pada kekayaan literatur yang tersedia. Bahwa antara literature Ilmu Jiwa Pendidikan ,tuntutan kurikulum serta tuntutan profesi sebagai guru agama Islam perlu terakumulasi sebagai satu kesatuan yang utuh. Sampai kini terasa penelaahan terhadap hal tersebut masih kurang. Peneliti merasa perlu mengidentifikasi. Peneliti merasa perlu mengidentifikasi beberapa persoalan sebagai berikut : 

  1. Literatur Ilmu Jiwa Pendidikan sampai kini masih perlu mendapat kajian baik itu kualitatif  maupun kuantitatif untuk melihat bobot pembahasan yang terkandung. 
  2. Pemanfaatan kajian Ilmu Jiwa Pendidikan sebagi materi pokok pada Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara Medan perlu direlevansikan dengan guru sebagai jabatan,guru agama sebagai profesi. 

    Bahwa untuk pengembangan studi literature ,dibutuhkan analisa materi, bobot serta tuntutan profesi kemudian diakumulasi dan dikaitkan dengan tuntutan kurikulum yang ada. Pengkajian ini akan mempunyai fungsi strategis dan praktis bagi pengembangan wawasan, orientasi serta jangkauan bagi persiapan memproduk alumni di Fakultas Tarbiyah khususnya dan IAIN Sumatera Utara pada umumnya .



BAB II

RINGKASAN JURNAL

a.      Identitas Jurnal
Judul Jurnal     :  ANALISA MATERI KULIAH ILMU JIWA PENDIDIKAN
Penulis             :   Mardianto
Jenis Jurnal      :   Jurnal Tarbiyah
Tahun Terbit   :   Januari - Maret 1997
ISSN                 :   0854-2627
Nomor             :   15 Tahun 5
Penerbit           :   Fakultas Tarbiyah IAIN-SU
                            Jl. Williem Iskandar Medan 

b.      Isi jurnal
1.      Pendahuluan

   Sebagai satu Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) Fakultas Tarbiyah tidak dapat melepaskan eksistensi kelembagaan yakni bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan professional  yang  dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau kesenian.
     Profesi keguruan yang lebih bercirikan Islam menjadi satu tatanan tersendiri bagi Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara Medan. Dengan dasar tersebut, maka seluruh kegiatan baik akademis, kulikuler maupun pengembangan teknis selalu diarahkan pada penciptaan profesionalisme system perkuliahan.
    Ilmu Jiwa Pendidikan yang membahas tentang kajian kajian proses pendidikan dengan pendekatan ilmu jiwa merupakan satu perangkat utama bagi ilmu pendidikan. Dalam hal ini bobot materi Ilmu Jiwa Pendidikan selalu disandarkan pada kekayaan literatur yang tersedia. Bahwa antara literature Ilmu Jiwa Pendidikan ,tuntutan kurikulum serta tuntutan profesi sebagai guru agama Islam perlu terakumulasi sebagai satu kesatuan yang utuh. Sampai kini terasa penelaahan terhadap hal tersebut masih kurang. Peneliti merasa perlu mengidentifikasi. Peneliti merasa perlu mengidentifikasi beberapa persoalan sebagai berikut :

3.  Literatur Ilmu Jiwa Pendidikan sampai kini masih perlu mendapat kajian baik itu kualitatif maupun kuantitatif untuk melihat bobot pembahasan yang terkandung.
4. Pemanfaatan kajianIlmu Jiwa Pendidikan sebagai materi pokok pada Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara Medan perlu direlevansikan dengan guru sebagai jabatan, guru agama sebagai profesi.

2.      Kajian Teori
Luasnya lapangan ilmu jiwa pendidikan sebagai disiplin ilmu selalu menjadi beban dan bertanggung jawab materi yang harus disampaikan untuk satu mata kuliah. Padahal keterbatasan ruang cakupan tiap-tiap literature memaksa tiap pembahasan memilki spesifikasi tertentu.
Samual Smith (1953) yang telah mengadakan studi mengenai 18 buah buku tentang psikologi pendidikan dipandang baik telah mendapatkan data yang menguatkan pernyataan di atas. Sebanyak 16 buah pembahasan yang dapat dirangkum dibahas oleh tiap buku, walaupun proporsinya berbeda beda antara satu dengan lainnya.

3.      Metode Penelitian
Penelitian ini adalah bersifat materi yang mengkaji kepustakaan yang lebih mengorientasikan pada kerjaan alisis terhadap buku-buku yang telah disiapkan sebagai objek pembahasan.

4.      Pembahasan
Penelitian ini difokuskan pada analisa terhadap bobot materi ilmu jiwa pendidikan yang ada dalam kurikulum dengan yang ada dalam literatur. Setelah dilakukan formulasi kedua pembahasan tersebut maka penelitian ini menemukan dua gejala yang patut dikembangan lebih jauh yakni sebagai berikut :
Pertama, bahwa bobot materi ilmu jiwa pendidikan yang ada dalam kurikulum yakni delapan topic inti dianggap telah banyak dibahas oleh buku atau literatur yang tersedia. Kedua, bahwa materi isi ilmu jiwa pendidikan yang ada dalam buku literatur sebanyak enambelas buah telah mampu menjawab tuntutan materi yang ada dalam kurikulum. Bahkan banyak diantara buku-buku tersebut memiliki pembahasan yang ada diluar topik inti. Ketiga , bahwa diperlukan satu pembahasan perpaduan antara ilmu jiwa pendidikan dengan ilmu jiwa agama sebagai satu kesatuan baik secara lintas disipliner maupun praktis dalam pembahasan psikologi pendidikan.
Bahwa untuk pengembangan studi literature, dibutuhkan analisa materi, bobot serta tuntutan profesi kemudian diakumulasi dan dikaitkan dengan tuntutan kurikulum yang ada. Pengkajian ini akan mempunyai fungsi strategis dan praktis bagi pengembangan wawasan, orientasi serta jangkauan bagi persiapan memproduk alumni di Fakultas Tarbiyah khususnya dan IAIN Sumatera Utara pada umumnya


BAB III
PEMBAHASAN
a.      Relevansi Antar Topik Jurnal dengan Karya-Karya Keahlian Penulis
Relevansi antara topic jurnal dengan karya-karya dan bidang keahlian penulis adalah terdapat relevansi antara topic jurnal terhadap bidang keahlian penulis,  dimana pada identitas jurnal tertera nama Dr. Mardianto, M.Pd. yang merupakan pendidik bagi mahasiswaUniversitas Islam Negeri Sumatera Utara.

      b. Pokok-pokok Argumentasi Penulis dalam Pendahuluan
           Pokok-Pokok Argumentasi Penulis dalam Pendahuluan adalah :

1. Jurnal ini menggunakan metode yang bersifat kajian kepustakaan yang lebih mengorientasikan pada kerjaan alisis tehadap buku-buku yang telah ada.
2. Bertujuan untuk melihat skala kuantitas yang ada dari bobot materi literature Ilmu Jiwa Pendidikan, dalam hal ini khusus berbahasa Indonesia.
c.       Pemilihan Serta Kecakupan Kajian Teori
Penelitian ini menggunakan seluruh literature Ilmu Jiwa Pendidikan, Tuntutan Kurikulum yang berbahasa Indonesia termasuk buku terjemahan dari bahasa Asing.
d.      Metodologi Penelitian yang Digunakan dan Relevansinya
Penelitian ini menggunakan metode dengan menyusun satu konsep dasar bagi pengembangan literatur Ilmu Jiwa Pendidikan untuk Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara Medan.
e.      Kerangka Berpikir Penulis Pada Bagian Pembahasan
Dalam penganalisisan relevansi materi ini penulis menyusun dalam empat langkah agar sistematika penguraian dapat dijadikan landasan pemahaman yang lebih objektif tentang keadaan psikologi pendidikan sebagai satu mata kuliah di Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara Medan.
f.       Keunggulan dan Kelemahan Jurnal
Keunggulan Jurnal
1)      Judul sesuai dengan isi yang terdapat pada jurnal
2)      Materi yang disampaikan cukup luas kajiannya
3)      Hasil dan pembahasan sesuai dengan metodologi yang digunakan
4)      Identitas jurnal sudah lengkap

Kelemahan Jurnal
1)   File yang digunakan berbentuk JPG sehingga sulit untuk melakukan review terhadap jurnal karena ada bagian foto yang blur.
2)      Tidak terdapat abstrak dan kesimpulan pada bagian jurnal




BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Ilmu Jiwa Pendidikan yang membahas tentang kajian kajian proses pendidikan dengan pendekatan ilmu jiwa merupakan satu perangkat utama bagi ilmu pendidikan. Dalam hal ini bobot materi Ilmu Jiwa Pendidikan selalu disandarkan pada kekayaan literatur yang tersedia. Bahwa antara literature Ilmu Jiwa Pendidikan , tuntutan kurikulum serta tuntutan profesi sebagai guru agama Islam perlu terakumulasi sebagai satu kesatuan yang utuh. Literatur Ilmu Jiwa Pendidikan sampai kini masih perlu mendapatkan kajian baik itu kualitatif maupun kuantitatif untuk melihat bobot pembahasan yang terkandung.

B.     SARAN
Disarankan untuk pembaca jurnal ini sangat disarankan agar berusaha memahami dalam lagi jurnal ini supaya mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan sebuah penelitian. Kemudian, dalam melakukan kritikal jurnal ini kita harus lebih memahami materi agar lebih maksimal dalam melakukan kritical jurnal.


Komentar

Postingan Populer