Tugas critical Book report 1

Identitas Buku


1. Nama Penulis: Samuel Soeitoe
2. Judul Buku: psikologi Pendidikan
3. Penerbit ,kota, tahun: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 1982
4. Tebal Halaman            : 107

Isi Buku
Buku ini menyajikan secara garis besar suatu usaha untuk lebih mengenal anak didik yang mengalami pendidikan dan pengajaran,  sedikit tentang psikologi terapan membahas tentang psikologi dalam kehidupan sehari-sehari, oleh karena itu psikologi pendidikan adalah psikologi yang diterpakan dalam bidang pendidikan. Pendidikan ialah segala usah yang dilakukan dengan sadar dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku ke arah yang baik dan diharapkan dan untuk melatih pekembangan mental seorang anak dengan membimbing dan mengarahkannya.
Dalam buku ini juga membahas tentang kesipaan dan pendididikan yaitu tiap anak selalu membawa serta dalam tiap situasi belajar kecenderuang fungsional, walaupun ada kalanya kecendrungan itu tidak termasuk yang baik .kecenderungan itu lah yang menentukan reaksi-reaksinya yang meletakkan dasar kesiapan yang diperukan untuk tindakan-tindaknnya kemudian yang lebih halus dan lebih sempurna. Masalah belajar dan mengajar. Membahas masalah belajar dan pengajaran serta arti dan kegunaan intelegensi dalam pendidikan modern di zaman sekarang ini dalam proses teori belajar dan proses belajar serta proses kematangan.

Kelebihan Buku 
1. Cover buku yang sangat menarik minat pembacauntuk membaca buku tersebut.
Buku ini dilengkapi dengan cara dan praktek sertacontoh dari setiap bab agar tujuan dan maksuddari mempelajari bab itu dapat terealisasi.
2. Buku ini juga dilengkapi contoh soal,sebagailatihan agar pembaca dapat mengujipemahamannya setelah membaca materi darisetiap babnya.
3. Buku perkembangan peserta didik ini juga menggunakan pendapat para ahli sebagaipendukung dalam menguatkan dasar dari setiappoint materi yang dibahas dalam buku ini.
4. Buku ini memuat daftar pustaka di setiapbabnya,sehingga terpampang jelas sumber-sumberyang digunakan dalam penyusunsn materiperkembangan tersebut

Kelemahan Buku:
1. Bahasa yang digunakan dalam menyampaikanmateri berbelit-belit dan terdapat banyakpengulangan kalimatsehingga pembaca merasakesulitan dalam memahami maksud dan tujuandari penulisan tersebut.
2. Tidak terdapat terdapat ringkasan materi padasetiap bab yang telah dijelaskan sebelumnyasehingga pembaca kesulitan untuk menyimpulkanisi dari meteri yang telah disampaikan.
3. Banyak spasi yang tidak sama sehingga bukutidak terlalu rapi peletakan kata-katanya
4. Diakhir daftar pustaka seharusnya dibuat di halaman tersendiri,tidak disatukan denganpembahasan buku seperti halaman 13.

Manfaat belajar untuk guru biologi 
1. Dapat menciptakan ruangan kelas yang tepat dan baik  bagi peserta didik.
2. .Dapat Memberikan motivasi-motivasi atau nasehat terhadap anak-anak memang di saat umur itu membutuhkan  dorongan yang lebih besar.
3.Dapat memberikan pelajaran mengenai akidah akhlak serta tentang alam yang berkaitan dengan agama yang mendalam, dan mempaparkan akibat-akibat bagi yang melanggar aturanaturan tertentu yang berkitan dengan pelajara biologi
4.Dapat berinteraksi dengan baik terhadap peserta didik dengan mengemukakan topik- topik yang mungkin sangat disukai pada umur peserta didik tertentu.
5.Dapat memberikan metode pembelajaran yang menarik dan berpariasi tidak membuat jenuh peserta didik kalau hanya membahas teori-teori biologi saja.
6.Mengetahui pelajaran seperti apa yang sangat dibutuhkan dan yang kurang dibutuhkan.
7.Memberikan dorongan bagi peserta didik yang menurut kita dia kurang bisa berinteraksi dengan yang lainnya.
8.Dapat mengendalikan diri agar  tidak membeda-bedakan anak yang satu dengan yang lainnya.
9.Dapat memahami peserta didik dengan baik agar kita sebagai pendidik biologi tau peserta didik yang mempunyai masalah dalam dirinya.
Sangat banyak manfaat bagi seorang guru biologi  jika dapat mengetahui perkembangan peserta didiknya dengan memahami dan mempelajari psikologi pendidikan . semoga kita calon guru atau yang sudah menjadi seorang guru,  dapat mengambil manfaat terhadap  buku dan pelajaran pendidikan psikologi. selain menyampaikan ilmu biologi kita dapat memahami sifat-sifat peserta didik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer