Tugas critical Book report 2

Identitas Buku
1. Nama Penulis   : Sri Milfayetty,Rahmulyani,Anita Yus,Edidon Hutasuhut,
  dan Nuraini
2. Judul Buku Psikologi Pendidikan
3. Penerbitkotatahun  : PPs Unimed, Medan, 2018’
4. Tebal Halaman           : 204

Isi Buku
Isi pokok buku ini terdiri dari dua macamyakni halbelajar dan hal mengajar. Hal-hal pokok tersebut dijadikanintisari pembahasan dalam buku ini mengingat perannya yang vital dalam setiap proses pengajaran baik dalam satuanpendidikan sekolah maupun satuan pendidikan luar sekolahMendidik perlu diletakkan pada landasan filosofi pendidikan yang benar kuat dan bermakna besar Keberhasilan pendiilkan ditandai dengan kualitas manusia terdidik yaitu tidak hanya mengetahui yang benar. Belajar adalah Inti pendidikan. 
Seorang pendidik dianggap efektif dalarn mendidik Jika menguasai materi pelajaran, karakteristik belajarteknik belajarmenggunakan strategi pembelajaran yang efektif, punya keahlian dalam bidang perencanaan dan penentuan tujuan,  manajemen kelas, motivasi , komunikasi , bekerja dengan kelompok etnis dan kultural yang berbeda dan teknologi, memiliki motivasi dan komitmen kerja. Meningkatkan diri dengan menggunakan riset yang dilakukan sendiri atau pun yang dilakukan orang lain. dan proses perkembangan. Belajar adalahmendapatkan sesuatu yang baru dapat berupa dan pengetahuanbaruperasaan yang lebih terkemassikap yang lebih yang lebihbaik serta tumbuhnya kesadaran untuk belajar tidak samadengan kematanga.
Kelebihan Buku
1. Cover buku yang sangat menarik minat pembaca untukmembaca buku tersebut.
2. Jika ditinjau dari segi materi juga sudah sangat baguskarena pada setiap bab nya penulis sudah memaparkanmaksud dan tujuan dari membaca setiap point dari setiapbabnya dan,
3. Pada setiap akhir bab penulis memberikan rangkumandari keseleruhan babnya sehingga pembaca dapatmengingat kembali materi yang sudah kurangdikuasainya.
4. Buku ini juga dilengkapi contoh soal,sebagai latihan agar pembaca dapat menguji pemahamannya setelah membacamateri dari setiap babnya.
5. Buku perkembangan peserta didik ini juga menggunakanpendapat para ahli sebagai pendukung dalam menguatkandasar dari setiap point materi yang dibahas dalam bukuini.
6. Buku ini memuat daftar pustaka di setiapbabnya,sehingga terpampang jelas sumber-sumber yang digunakan dalam penyusunsn materi perkembangantersebut
7. Sebelum memasuki bab baruterdapat kata motivasiyang bisa membuat pembaca terasa termotivasi untukmenjadi guru yang lebih baik lagi kedepannya.
8. Pada pokok pembahasan yang penting di bold dan garisbawahi sehingga memudahkan pembaca memahamipembahasan
Kelemahan Buku
1. Bahasa yang digunakan dalam menyampaikan materiberbelit-belit dan terdapat banyak pengulangan kalimatsehingga pembaca merasa kesulitan dalam memahamimaksud dan tujuan dari penulisan tersebut.
2. Terdapat banyak kesalahan penulisan kata pada materiyang disebabkan oleh  kesalahan dalam pengetikanseperti mngalamiyngberujud, factor, criminal, dansebagainya
3. Penjelasan pada pembahasan materi disampaikan terlalupanjang sehingga membingungkan pembaca dalammemahami penjelasan materi tersebut.
4. Pada daftar isi tidak terdapat sub bab yang dapatmemudahkan pembaca mengetahui isi buku.


Manfaat belajar untuk guru Biologi
1. Dapat memberikan metodemetode pembelajran sepertiapa yang sangat di butuhkan dan apa yang kurangdibutuhkan.
2. Dapat memahami peserta didik dengan baik agar kitasebagai pendidik biologi atau sains tau peserta didikmempunyai masalah dalam kehidupan dengan melihattingkah laku dan keseharian dirinya.
3. Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-anak khusus
4. Mengembangkan diri sendiri untuk menjadi manusiapembelajar dan dapat membagi ilmunya pada orang lain secara professional
5. Kita sebagai pendidik biologi mampu atau dapatmemahami fakor yang  menjadi penyebabkan timbulnyamental tidak sehat yang ada pada peserta didik dan kitasebagai pendidik dapat membantu memcahkannya.
6. Mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan dalammetode belajar mengajar baik terhadap diri sendiri maupunorang lain serta berupaya untuk terus memperbaikinya
7. Guru dapat terhindar dari pemahaman yang salah tentanganakkhusunya tentang keragaman yang mempengaruhikemampuanya dalam belajar ,misalnyamemperlakukananak di dalam kelas tidak lag samakarena pada prinsipnyaaka nada calon pendidik jumpai  atau pendidik jumpai taraf kemapuan anak yang berbeda yaitu anak yang kemampuannya tinggisedangdan rendah.
8. Guru dapat menghadapi anak didik dengan benar denganmembantu tinggkah laku yang benar dan guru tidakmembeda-bedakan anak yang baik dan anak yang bandalkarena wajar anak melakukan kesalahan dalam tingkahlakukarena kekurang tahuan dan kekurang mampuannyadalam proses belajar
9. Dapat menghadapi anak didiknya secara ketat sesuaidengan sifat-sifat khas yang di tampilkan anak didiknya. 
10. Memberikan dorongan bagi peserta didik yang menurutpendidik kurang bisa berinteraksi  dengan yang lainya.
Sangat banyak manfaat bagi seorang guru biologi jika dapatmengetahui perkembang peserta didiknya dengan memahamidan mempelajari psikologi pendidikan. Semoga kita calon guru, dapat mengambil manfaat terhadap buku dan pelajaranpendidikan psikologi. Selain menyampaikan ilmu biologi kitadapat memahami sifat-sifat peserta didik.




Komentar

Postingan Populer